Luwu Utara -- Pembangunan rumah nelayan di Desa Tamuku, Kecamatan Bone-Bone telah rampung.

Sebanyak 50 unit rumah nelayan yang merupakan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara yang menelan anggaran sebanyak Rp. 4.410.410.000 ini sudah siap huni.

Dinyatakan siap huni usai Bupati Luwu Utara didampingi Kadis Perumahan Rakyat, Pemukiman, dan Pertanahan, Anugerah Ali Anwar melakukan kunjungan ke lokasi rumah nelayan tersebut, Selasa (22/01/2019) siang.

"Pembangunannya sudah 100% dan siap huni dan akan diperuntukkan sebagaimana fungsinya," ucap Indah.

Terkait peruntukkannya, Indah menegaskan pada Pemerintah Desa agar mengusulkan dengan melakukan musyawarah terlebih dahulu.

"Kita rundingkan bersama, duduk bersama libatkan masyarakat.
Prinsipnya apa yang diusulkan Pemdes diketahui kecamatan, Pemkab tidak akan mengubah lagi, jadi Pemdes yang bertanggungjawab penuh. Kita tunggu jadwal Pemprov dan Pemerintah Pusat terkait serah terimanya kepada masyarakat," terang Indah.

Untuk diketahui tercatat rumah khusus nelayan berpenghasilan rendah di Desa Tamuku ini merupakan tahun ke-3 Luwu Utara mendapat bantuan yang sama setelah tahun sebelumnya (2016) dibangun 56 unit di Desa Poreang Kecamatan Tanalili dan pada 2017 dibangun 56 unit di Desa Pengkajoang Kecamatan Malangke Barat.

Pada kunjungan ini juga hadir para Pimpinan SKPD, Camat Bone-Bone, Unsur Tripika, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lutra serta beberapa kepala desa. (Vkr/Rn)