Luwu Utara, — Empat kontingen kecamatan se kabupaten Luwu Utara mengikuti perlombaan Utsawa Dharma Gita (UDG) atau yang lebih dikenal nyanyian suci keagamaan Hindu.

UDG yang berlangsung di Dusun Kembang Makmur Desa Tamuku Kecamatan Bone-bone, Senin (8/7) itu di buka langsung oleh orang nomor satu di Luwu Utara, Indah Putri indriani (IDP) yang ditandai dengan pemukulan gong.

Kegiatan yang diikuti 170 orang itu diawali dengan devile masing- masing kontingen kecamatan yaitu Tanalili, Bone-Bone, Sukamaju dan Mappedeceng.

"Kegiatan ini rutin dilaksanakan 2 tahun sekali untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan dalam membaca kitab suci Weda dan kidung-kidung keagamaan, sebagaimana tema kita pada tahun ini melalui UDG kita tingkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan kitab suci Weda," ungkap Ketua LPDG Kabupaten Luwu Utara, I Gusti Made Jandem .

Made juga menuturkan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah terkhusus Bupati Luwu Utara. "Terimakasih kami ucapkan pada ibu bupati atas perhatiannya di setiap kegiatan keagamaan sehingga keamanan dan ketertiban terjalin dengan baik dan menjadikan Luwu Utara sebagai daerah yang menjunjung tinggi nilai harmonisasi antar ummat beragama," tutur Made Jandem.

Sementara Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menilai tiap kegiatan keagamaan harus rutin dilaksanakan untuk tetap merawat dan menumbuhkan benih kebaikan. "Kegiatan membaca, menyanyikan, dan menelaah isi teks-teks suci keagamaan itu tentulah harus lebih banyak digiatkan dan menjadi rutinitas sehingga selalu tersebar benih-benih kebaikan di daerah kita ini," harap Bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Diketahui berbagai kegiatan yang digelar pada kegiatan tersebut seperti Lomba Utsawa Pembaca Sloka, Utsawa penghafal Sloka, Utsawa Phalawakya, Utsawa Kekawin, Utsawa Dharma Wacana dan debat keagamaan. Pemenang UDG akan mewakili Luwu Utara pada tingkat Provinsi. (Vkr/Rn)